Sudahkan Sahabat Menetapkan Rencana Bisnis 2021?

Bisnis jangan dipandang dengan skala kecil atau besarnya. Karena setiap bisnis dirintis pastinya dengan skala kecil, dan terjaga konsistensinya untuk beradaptasi sehingga menjadi bisnis berskala besar. Sudahkah Anda membuat rencana bisnis?

Jangan pernah meremehkan bisnis yang sahabat kerjakan saat ini. Karena akan sayang sekali jika bisnisnya yang telah menghabiskan banyak waktu dan tenaga akhirnya ‘mati’. Maka perlunya komitmen untuk di ‘rawat’ dan dikembangkan menjadi bisnis yang besar dan jangka panjang.

Tidak luput dari kepedulian sahabat sebagai owner bisnis untuk selalu konsisten membuat perencanaan bisnis untuk mencapai tujuan/ target yang ditetapkan.

Nah, untuk Bisnis yang dijalankan sekarang, seperti halnya dalam pemasaran properti syariah, apakah sahabat sudah menetapkan perencanaan bisnisnya untuk tahun 2021 mendatang?

1. Gambaran Bisnis
Komponen pertama adalah gambaran mengenai bisnis yang akan sahabat jalankan. Jelaskan secara singkat seperti apa usaha ini nantinya, potensi yang akan ditunjukkan oleh produk/ jasa yang dihasilkan, peluang pasar agar bisa melihat kekuatan produk/jasa agar bisa bertahan dengan kondisi pasar yang ada.

Pembuatan gambaran bisnis membantu sahabat untuk mengetahui jalan bisnisnya ketika dipasarkan. Hal ini berguna untuk meminimalisir kerugian.

2. Cara Pemasaran Produk / Jasa
Cara tepat untuk mengetahui bagaimana memasarkan produk/ jasa adalah dengan melakukan analisa pasar. Sahabat harus membuat target konsumen, paham dengan aspek-aspek yang berkaitan dengan pasar agar produk/ jasa tepat sasaran. Analisa pasar yang tepat membantu sahabat agar mudah mencapai target penjualan.

3. Analisa Terhadap Produk / Jasa Pesaing
Lakukan analisa produk pesaing secara tepat. Sahabat harus benar-benar memperhatikan komponen perencanaan bisnis yang satu ini karena berhubungan dengan keberlangsungan produk.

Tujuan dari analisa produk pesaing tidak lain adalah agar usahanya dapat menguasai pasaran. Selain itu bisa memperbesar kesempatan menjadi pemenang dalam persaingan bisnis sejenis.

rencana bisnis 2021
rencana bisnis 2021

6. Keuangan
Sahabat harus menjabarkan mengenai dana yang diperoleh, bagaimana mengatur keuangan yang efisien sehingga operasional usaha bisa berjalan lancar.

Lakukan penghitungan kasar untuk mengetahui modal yang diperlukan. Hasil dari perhitungan setidaknya bisa membantu untuk mengetahui laba dan rugi ketika produk/ jasa sudah dilepas ke pasaran.

7. Pemantauan Produk / Jasa
Jika usahanya sudah diluncurkan ke pasaran, lakukan proses pemantauan produk/ jasa setiap hari. Hal ini berguna untuk melihat seberapa besar peluang yang didapatkan produk/ jasa di pasaran. Jika target penjualan tidak sesuai dengan perencanaan awal, sahabat harus segera mencari tahu penyebabnya agar bisa memperbaiki kekurangan produk.

8. Evaluasi Produk / Jasa
Evaluasi dilakukan untuk meninjau ulang keseluruhan komponen yang sudah disusun. Jika produk/ jasa berhasil di pasaran maka akan mudah menghitung keuntungan. Namun jika produk/ jasa masih merugi, maka ada kesalahan pada perencanaan usaha yang sudah dibuat.

Semoga informasi ini dapat membantu sahabat Situsrumah.com untuk membangun usahanya semakin berkembang dan menjadi skala besar. Good Luck!

Salam Sukses dan Bahagia
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Write a comment

Fadli
Adhit