Tren Kamar Anak di Tahun 2021

Kamar Anak,
Bukan Lagi Sekadar
Tempat Beristirahat

Perlu ruang cukup untuk beraktivitas di dalam rumah.

Jika ada satu ruangan di rumah yang sangat kita sukai untuk didekorasi dan bahkan terus didekorasi ulang, tidak diragukan lagi itu adalah kamar anak-anak. Ini adalah ruang di mana pedoman mendekorasi bisa sangat luas, bahkan diabaikan. Karena kamar anak dapat dipenuhi aneka warna dan pola yang tentunya tidak bisa diaplikasikan di kamar orang dewasa, atau ruang duduk, apalagi dapur. Pendeknya kebebasan mendesain bisa diterapkan di kamar ini.

Tapi, karena ini kamar untuk anak, tentu harus dipertimbangkan pula keinginan dan kebutuhan sang anak. Untungnya, kini sudah banyak informasi yang bisa dijadikan referensi tentang tren, sehingga bisa memudahkan Anda untuk menatanya. Dan berikut ini hal-hal yang tren di tahun ini.

TEMPAT BELAJAR, HARUS

Pandemi yang telah berlangsung sejak tahun 2020 telah mengubah gaya hidup kita secara drastis, tidak saja bekerja, sekolah pun harus dilakukan dari rumah. Hal itu membuat kita kala mengubah atau merancang kamar anak, harus mempertimbangkan area bersekolah atau belajar (terutama secara online) yang lebih baik di kamar mereka. Untuk itu, sebaiknya kamar anak harus ditata efisien dan jangan berantakan, agar mereka bisa belajar dengan baik dan nyaman.

Tidak harus area belajar online itu dilakukan di dalam kamarnya, tapi bisa dengan memfungsikan juga ruang makan atau sudut ruang duduk sebagai tempat tersebut. Untuk itu ciptakan ruang mereka sendiri di ruang yang jadi multifungsi tersebut, agar konsentrasi belajar mereka tidak terganggu. Mereka harus bisa duduk dengan nyaman, sebab itu siapkan meja dan kursi yang ergonomis. Maklum mereka kini harus duduk dalam waktu lama di depan komputer/laptop. Jika mungkin rak atau kabinet tempat kebutuhan belajar mereka.

LOFT DAN BUNK BEDS

Ingin menciptakan kamar yang bisa menampung segala kebutuhan mereka? Kenapa tidak dirancang dengan model loft, alias menempatkan tempat tidur di bagian atas, sementara bagian bawahnya bisa dimanfaatkan untuk area belajar atau bermain. Ini bisa mengubah tampilan kamar menjadi betul-betul baru.

Kalau dalam satu kamar harus diisi oleh dua anak, bisa gunakan bunk beds alias tempat tidur bertingkat. Dan sisi lain, bisa dijadikan tempat belajar mereka atau diisi lemari.

CIPTAKAN KAMAR AGAR ANAK LEBIH AKTIF

Ketika anak-anak dipaksa menghabiskan waktu berjam-jam di dalam rumah, akan sangat sulit membuat mereka untuk tetap sibuk. Tapi pastinya lebih sulit bagi orang tua untuk menemukan hal-hal baru yang bisa dilakukan setiap hari, guna memastikan mereka tidak cepat bosan. Alternatif terbaik adalah membuat kamar tidur yang lebih interaktif, yang mendorong mereka beraktivitas fisik. Misal, dengan mengubah sudut ruangan menjadi area bermain yang dilengkapi dengan teepee atau tenda ala suku Indian, menambahkan dinding panjat, atau kalau mungkin naikkan sebidang kecil serupa panggung untuk mereka menampilkan bakat.

Sumber: E-Magazine MyHome

Write a comment

Fadli
Adhit